Rezeki Tak Mesti Berbentuk Materi

Beberapa hari lalu, ketika gue lagi sibuk dengan kegabutan tiba-tiba muncul notifikasi whatsapp dari temen angkatan gue, namanya Gina. Doi nanya ke gue perihal kontrakan yang gue sewa bareng temen-temen di Hegarmanah, Jatinangor (pastinya). Usut punya usut, ternyata doi nyari kosan, kontrakan, atau apalah yang bisa ditinggali selama masa studi di Jatinangor. Alasan doi nyari kosan baru adalah karena kosannya yang sekarang ini naik harga. Naiknya gak nanggung-nanggung, boi, dari 650 ribu perbulan jadi 850 ribu perbulan. Jauh. Jauh banget harganya dari kontrakan gue yang dulu, pun dengan kosan baru gue sekarang.
Sebagai orang yang posisinya numpang, lebih tepatnya nyewa, mahasiswa enggak bisa berbuat apa-apa. Aqutu lemah aqutu kalau berhadapan dengan ibu kos. Wq wq wq. Jadi, pilihannya cuma dua; menerima kenyataan bahwa ongkos bertambah dan berefek pada urusan perut atau mencari kosan baru dengan tempo yang sesingkat-singkatnya.
Temen gue, si Gina ini memilih yang kedua. Doi enggak rela ongkosnya habis di biaya kosan yang mana kosan ini cuma buat numpang tidur doang. Sampailah akhirnya doi nge-whatsapp gue tadi. Gue jawab pertanyaan Gina dengan bekal ilmu perburuan kosan yang gue dapet beberapa bulan lalu tepatnya sebelum gue pindahan. Gue juga rekomendasiin doi beberapa kosan dengan harga gurih yang pernah gue sambangi di masa-masa pencarian kosan baru gue beberapa bulan lalu.
Menurut gue, salah satu kesalahan anak kosan adalah enggak menanyakan perihal kenaikan harga, dll sewaktu melakukan akad sewa menyewa kosan. Itu penting dilakukan untuk mencegah hal-hal kaya yang Gina alami tadi. Orang-orang yang punya kosan ini bisa aja manfaatin mahasiswa-mahasiswa polos dengan cara naikin harga tiba-tiba dengan nominal yang signifikan. Dengan mengetahui kalau harga sewa kosannya bakal naik atau enggak, kita bakal tau ke depannya harus pindah atau menetap di sana sampai lulus. Intinya adalah, kalau sejak awal tahu tentang ada/ tidaknya kenaikan harga sewa, kita bisa cari kosan jauh-jauh sebelum masa penerimaan mahasiswa baru.
Masa penerimaan mahasiswa baru ini menandakan bahwa persaingan dalam pencarian kosan dengan harga yang gurih semakin ketat dengan bertambahnya ribuan orang yang akan menempuh masa studi di Jatinangor. Kalau udah terlambat gitu kan jadi susah sendiri.
Gue jadi merenungi sesuatu, bener kata ibu gue, bahwa rezeki itu gak melulu berbentuk materi. Gue ngerasain sendiri selama di perantauan ini. Gue selalu ngerasa dipermudah aja gitu, salah satunya dalam hal pertempattinggalan ini. Pertama, waktu gue harus pindah dari asrama. Waktu itu gue bingung banget mau pindah ke mana, gue juga mikirin kira-kira berap duit yang bakal gue keluarin setiap tahunnya buat bayar sewa kosan. Cukup melelahkan mikirin hal itu. Tapi gue gak tinggal diam. Gue menyusuri Jatinangor untuk mencari kosan yang cocok buat gue dan temen gue, Windy. Pencarian kosan belum berakhir padahal waktu sudah semakin dekat dengan liburan. Bagi Windy, mungkin gak masalah dengan soal harga, tapi bagi gue, hmmm, gue bukan tipe orang yang mau ngeluarin banyak uang buat nyewa tempat tinggal sementara yang gue aja cuma numpang tidur dan naro barang di sana. Tapi mau gak mau Windy ngikut gue karena dia bilang dia pengen bareng ama gue dan orang tuanya juga percaya ama gue.
And then the miracle is coming!!! suatu hari di Masjid Raya Unpad (MRU), ada perempuan nyamperin kita dan nawarin untuk ngontrak rumah bareng. Kita seneng gak karuan, apalahi dengan fasilitas yang lengkap kita cuma bayar 3,4 juta pertahun. Ini tuh murah bangeeeeettttt. Aslik. Akhirnya kita tinggallah di sana selama setahun dan memutuskan untuk pindah.
Di pencarian kosan yang kedua ini, stresnya bertambah karena secara mendadak temen gue bilang mau pindah dan kita gak dapet penggantinya. Dalam waktu yang sesingkat mungkin gue kembali menyusuri Jatinangor untuk mencari kosan termurah dan nyaman pastinya. Tapi, ada aja masalahnya. Ada yang tempatnya cocok tapi kejauhan harus naik angkot, ada yang harganya cocok tapi tempatnya enggak nyaman, ahh pokoknya gitulah.
Sampai akhirnya the miracle is coming (again). Gue dapet kosan dengan harga yang bahkan lebih murah dari kontrakan gue yang sebelumnya dan gak jauh dari sana, jadi gue gak perlu nyewa mobil pengangkut barang buat pindahan. Gue nyicil-nyicil barang gue sambil gue berangkat kuliah atau abis pulang taraweh.
Sebenernya ceritanya panjang sih, tapi gue menangkap satu hal; bahwa pertolongan itu datang saat kita udah ada di titik pasrah, dengan usaha tentunya. Intinya adalah Tuhan penasaran aja gitu pengen lihat seberapa jauh usaha kita. Gue bersyukur banget selama di sini gue mengalami hal-hal tak terduga yang bikin gue amazed. Bener banget kata ibu gue bahwa rezeki itu bentuknya bukan melulu materi. Dipertemukan dengan orang baik, itu rezeki. Dipermudah segala urusan, itu juga rezeki. Dan rezeki-rezeki yang serupa keajaiban itu gue dapet pas gue udah pasrah dan berserah ke Yang Maha Menggerakkan.

Jangan patah semangat!

Komentar

Postingan Populer